Cara Membuat Efek foto seperti lukisan Di Photoshop

Cara Membuat Efek foto seperti lukisan Di Photoshop – Saya akan menggunakan Photoshop CS5 seluruh tutorial ini tetapi langkah-langkah berlaku untuk semua versi terbaru dari Photoshop. Jika Anda menggunakan Photoshop Elements 8 atau 9, Anda akan menemukan bahwa versi tutorial di sini.
Saya akan dimulai dengan Foto ini :

original

Ini adalah Hasilnya

Cara Membuat Efek foto seperti lukisan Di Photoshop

Cara Membuat Efek foto seperti lukisan Di Photoshop

Langkah 1: Duplikasi Layer Background
Hal pertama yang harus kita lakukan sebelum mulai efeknya adalah membuat salinan dari gambar asli sehingga kita tidak merusaknya jika kita membutuhkannya nanti. Dengan foto yang baru dibuka di Photoshop, kita melihat di panel Layers bahwa gambar terletak di atas layer Background:

photoshop-background-layer

Panel Layers menampilkan foto pada layer Background.

Pergi ke menu Layer di Menu Bar di bagian atas layar, pilih New, kemudian pilih Layer via Copy. Atau, untuk cara yang lebih cepat untuk menjalankan perintah yang sama, tekan Ctrl + J (Win) / Command + J (Mac) pada keyboard Anda:

layer-new-layer-via-copy

Pergi ke Layer Layer>> New via Copy, atau tekan Ctrl + J (Win) / Command + J (Mac)

Either way memberitahu Photoshop untuk membuat salinan dari lapisan, yang nama “Layer 1″, dan tempatkan di atas layer Background. Perhatikan Layer 1 yang disorot dengan warna biru, yang menjelaskan kepada kita itu adalah lapisan aktif. Apa pun yang kita lakukan selanjutnya akan terjadi pada salinan gambar pada Layer 1, meninggalkan dokumen asli pada layer Background tanpa cedera:

layer-1

A copy of the photo appears on Layer 1.

Langkah 2: Desaturate Image
Pergi ke menu Image di bagian atas layar, pilih Penyesuaian, kemudian pilih Desaturate:

desaturate

Pergi ke Image> Adjustments> Desaturate

Perintah Desaturate langsung menghapus semua warna dari gambar, memberikan kita sebuah versi hitam dan putih cepat:

image-desaturated

Perintah Desaturate bukan cara terbaik untuk mengkonversi foto menjadi hitam dan putih, tapi itu cukup baik untuk tujuan kita di sini.

Langkah 3: Duplicate Layer
Selanjutnya, kita perlu membuat salinan gambar desaturated kami. Kembali sampai ke menu Layer, pilih New, kemudian pilih Layer via Copy, atau tekan Ctrl + J (Win) / Command + J (Mac) pada keyboard Anda, seperti yang kita lakukan pada Langkah 1. Photoshop membuat salinan Layer 1, nama-nama itu “Layer 1 copy”, dan menempatkannya langsung di atas Layer 1 di panel Layers:

layer-1-copy

Photoshop selalu menempatkan salinan dari lapisan atas yang asli

Langkah 4: Balikkan Gambar
Pergi kembali ke menu Image di bagian atas layar, pilih Penyesuaian, kemudian pilih Invert:

invert

Pergi ke Image> Adjustments> Invert.

Ini membalikkan warna dalam gambar, atau dalam kasus kami nilai kecerahan, membuat area terang gelap dan gelap terang bidang,

image-inverted

Langkah 5: Ubah The Blend Mode To Color Dodge
Di bagian atas panel Layers, Anda akan menemukan pilihan Blend Mode. Itu tidak benar-benar mengatakan “Blend Mode” di mana saja tapi itu kotak drop-down yang diatur ke Normal secara default. Klik pada kata normal, yang membuka daftar mode campuran lapisan, dan pilih Color Dodge dari daftar:

color-dodge

Mengubah modus campuran lapisan terbalik dari Normal ke Color Dodge.

Dokumen ini sementara akan muncul diisi dengan putih. Tergantung pada gambar Anda, mungkin ada beberapa daerah hitam di sana-sini, tetapi untuk sebagian besar itu akan diisi dengan warna putih:

image-color-dodge

Setelah mengubah modus untuk paduan warna Dodge, dokumen tampak putih

Langkah 6: Terapkan The Gaussian Blur Filter
Langkah berikutnya adalah di mana kita benar-benar menciptakan efek sketsa. Pergi ke menu Filter di bagian atas layar, pilih Blur, kemudian pilih Gaussian Blur:

gaussian-blur

Pergi ke Filter>> Blur Gaussian Blur.

Ini akan membuka kotak dialog Gaussian Blur filter itu. Kami menciptakan efek sketsa dengan mengaburkan lapisan. Mulailah menyeret slider Radius di bagian bawah kotak dialog ke arah kanan untuk menerapkan jumlah sedikit kabur. Seperti yang Anda seret, anda akan melihat efek sketsa muncul dalam dokumen. Semakin jauh Anda tarik slider, kabur lebih akan diterapkan dan lebih intens efek sketsa akan menjadi. Jika Anda tarik slider terlalu jauh, meskipun, terlalu banyak dari foto asli akan menunjukkan melalui dan tidak akan terlihat seperti sketsa lagi.

Tidak ada nilai Radius khusus untuk masuk karena jumlah kabur Anda gunakan akan tergantung pada apa yang Anda pikirkan terlihat baik untuk gambar Anda, jadi pastikan Anda mengawasi pada dokumen Anda untuk menilai hasil seperti yang Anda tarik slider. Untuk gambar saya, saya akan mengatur nilai Radius saya untuk sekitar 12 piksel atau lebih:

gaussian-blur-dialog-box

Tarik slider Radius untuk menambah atau mengurangi jumlah kabur.

Inilah efek gambaran sketsa awal saya seperti dibawah ini :

photo-sketch

Langkah 7: Gabung The Layers Ke A New Layer
Tahan Alt (Win) / Option (Mac) pada keyboard Anda dan dengan kunci masih ditekan, naik ke Layer menu di bagian atas layar dan pilih Merge Visible:

merge-visible

Hold down Alt (Win) / Option (Mac) and go to Layer > Merge Visible.

Biasanya, perintah Merge Visible dasarnya akan meratakan gambar kami dengan menggabungkan semua lapisan yang ada kita turun ke lapisan tunggal, tetapi dengan menekan Alt (Win) / Option (Mac) saat memilih Merge Visible, kita diberitahu Photoshop untuk menyimpan semua kami lapisan awal utuh, penggabungan mereka ke layer baru (layer 2) di atas aslinya:

merged-layer

Langkah 8: Mengubah The Blend Mode Untuk Multiply Dan Sesuaikan The Opacity Layer
Pergi ke pilihan Blend Mode di bagian atas panel Layers dan mengubah modus campuran untuk lapisan digabung dari Normal ke Multiply. Ini akan menggelapkan baris dalam efek sketsa. Jika Anda menemukan efeknya sekarang terlalu gelap, menurunkan nilai Opacity, yaitu di sebelah kanan pilihan Blend Mode. Mengawasi gambar ketika Anda menyesuaikan opacity untuk fine tune hasilnya. Aku akan menurunkan saya turun sampai 50%:

multiply-opacity

photo-sketch-darkened

Langkah 9: Gandakan Layer Background
Pada titik ini, efek sketsa selesai dan jika Anda senang dengan itu dalam warna hitam dan putih, Anda dapat berhenti di sini. Jika Anda ingin menambahkan warna pada sketsa, lanjutkan dengan langkah-langkah terakhir ini. Kita akan mewarnai sketsa dengan menggunakan warna dari foto asli. Foto asli kami adalah pada layer Background, jadi kita harus membuat salinannya. Klik pada layer Background pada panel Layers untuk memilihnya:

select-background-layer

Pilih layer Background untuk membuatnya aktif.

Dengan layer Background dipilih, pergi ke menu Layer, pilih New, kemudian pilih Layer via Copy, atau tekan Ctrl + J (Win) / Command + J (Mac). Photoshop membuat salinan lapisan, nama-nama itu “Background copy” dan menempatkannya langsung di atas aslinya:

background-copy

Salinan muncul di atas layer Background aslinya.

Langkah 10: Pindahkan Copy Latar Belakang Above The Layers lain
Untuk menggunakan lapisan Background copy untuk mewarnai sketsa kita, kita perlu untuk memindahkannya di atas lapisan lainnya. Kita bisa melompat langsung ke bagian atas lapisan stack dengan menekan Shift + shortcut keyboard Ctrl +] (Win) / Command + Shift +] (Mac). ] Adalah kunci braket yang tepat. Dengan lapisan Background copy sekarang di atas, gambar asli akan sekali lagi muncul di jendela dokumen:

top-layer

Lapisan Background copy telah naik ke atas lapisan lainnya

Langkah 11: Ubah The Blend Mode Untuk Warna
Untuk mencampur warna dari gambar asli dengan efek sketsa, mengubah modus campuran untuk lapisan Background copy dari Normal ke Color:

color-blend-mode

Modus campuran warna campuran warna dari lapisan saat ini dengan nilai kecerahan lapisan di bawahnya, memberikan kita efek sketsa berwarna kami:

photo-to-color-sketch

Langkah 12: Turunkan Opacity The
Akhirnya, jika Anda menemukan warna terlihat terlalu intens, hanya menurunkan nilai Opacity di bagian atas panel Layer untuk menyempurnakan hasil. Aku akan menurunkan saya turun hingga 65%:

opacity-65

Turunkan opacity layer untuk mengurangi jumlah warna dalam sketsa

Dengan opacity diturunkan, maka hasilnya seperti ini:

photo-to-color-sketch

Cara Membuat Efek foto seperti lukisan Di Photoshop | ngademin | 4.5