Tips Mengatasi Komputer Yang Lambat

Tips Mengatasi Komputer Yang Lambat - Bahkan setelah membeli bagian hardware komputer, beberapa kejadian dapat terjadi yang dapat membuat kinerja tinggi menjalankan mesin anda lambat. Pemecahan masalah komputer yang lambat membutuhkan pemahaman tentang berbagai jenis kelambatan komputer. Masalah dengan komponen hardware tertentu atau malfungsi perangkat lunak membuat gejala yang berbeda dari jenis perlambatan diciptakan oleh kesalahan jaringan atau virus. Setelah mengisolasi penyebab masalah kinerja, Anda dapat mengambil langkah yang tepat untuk memperbaiki masalah. Windows termasuk beberapa alat yang berguna yang dapat membantu dalam memperbaiki masalah yang terkait dengan komputer yang lambat.

Tips Mengatasi Komputer Yang Lambat

Tips Mengatasi Komputer Yang Lambat

  • Tentukan apakah perlambatan yang Anda alami merupakan masalah baru, atau jika masalah tersebut telah ada sejak Anda pertama kali mulai menggunakan mesin. Hardware komputer yang lebih tua mungkin tidak memenuhi persyaratan minimum perangkat lunak yang Anda sedang berusaha untuk digunakan. Kebanyakan perangkat lunak produsen merekomendasikan bahwa komputer saat ini memiliki setidaknya 4GB RAM dan 160GB bebas ruang hard-drive. Jika komputer Anda sebelumnya melakukan tugas-tugas tertentu pada kecepatan normal tetapi tugas yang sama sekarang memakan waktu lebih lama, maka masalah kinerja Anda mungkin tidak berhubungan dengan hardware usang. Kartu video yang lebih tua mungkin tidak mampu menangani, baru grafis yang intensif permainan Anda mencoba untuk bermain.
  • Menentukan ruang lingkup lambatnya komputer Anda dengan menentukan jika semua tugas yang terpengaruh, atau jika hanya program tertentu atau fitur berjalan lambat. Jika program tertentu berjalan lambat, maka Anda harus memfokuskan upaya pemecahan masalah Anda pada aplikasi spesifik. Jika seluruh komputer Anda berjalan lambat, maka komputer Anda bisa mengalami kerusakan hardware atau infeksi virus.
  • Memahami perbedaan antara kecepatan jaringan dan kecepatan pemrosesan komputer. Jika komputer Anda terganggu oleh isu-isu perlambatan hanya ketika berselancar di Web atau mengakses jaringan, maka masalah Anda kemungkinan berhubungan dengan jaringan itu sendiri.

Hardware atau Masalah Jaringan

  • Periksa hard drive Anda untuk memastikan bahwa Anda memiliki setidaknya 50GB ruang kosong yang tersedia, sebagai ruang bebas tidak cukup merupakan penyebab umum dari lambatnya komputer. Komputer Anda membutuhkan ruang bebas untuk menyimpan data sementara ketika itu memproses informasi. Hapus file yang tidak perlu dan menjalankan Disk Cleanup dan alat Defragmention untuk memperbaiki dan menata kembali sistem file Anda.
  • Periksa hard drive Anda untuk melihat apakah rusak secara fisik dan membutuhkan perbaikan atau penggantian. Klik tombol Start dan pilih “Computer.” Klik kanan ikon dari drive Anda ingin memeriksa, kemudian pilih “Properties” dari menu konteks yang muncul. Klik “Tools” tab dan kemudian klik “Periksa sekarang” tombol di bagian Error-checking.
  • Periksa Device Manager Windows untuk mencari hardware yang mungkin melaporkan pesan kesalahan. Hardware komponen yang mengalami masalah akan ditandai dengan segitiga kuning dalam daftar Device Manager.
  • Untuk masalah jaringan yang dicurigai, reset modem Anda dan router nirkabel (jika ada) dan mencoba untuk menyambung kembali ke jaringan. Jika Anda menggunakan router nirkabel, pastikan bahwa komputer Anda tidak terlalu jauh dari sumber sinyal. Hubungi penyedia layanan Internet Anda untuk menentukan apakah kecepatan koneksi Anda secara akurat mencerminkan dijanjikan oleh rencana jaringan Anda.

Software bermasalah atau Drivers

  • Jalankan scan untuk infeksi virus dan malware pada komputer Anda. Banyak masalah komputer kinerja disebabkan oleh beberapa bentuk virus komputer atau malware, karena ini bentuk perangkat lunak yang khusus dirancang untuk membajak prosesor Anda dan mengambil kendali jaringan Anda.
  • Mencari pembaruan perangkat lunak yang Anda sedang berusaha untuk digunakan. Web-browser software sangat rentan terhadap kelambatan jika tidak terus up to date. Cobalah browser Web alternatif untuk membantu menentukan apakah kelambatan komputer Anda adalah perangkat lunak atau jaringan terkait. Misalnya, jika Anda biasanya menggunakan Internet Explorer, coba Chrome, Opera atau Firefox.
  • Periksa update perangkat-perangkat lunak driver menggunakan Windows Device Manager. Windows akan mencari online untuk versi terbaru dari driver, tetapi Anda juga dapat memeriksa situs resmi produsen untuk software update driver. Menjaga driver Anda up to date akan membantu untuk memastikan bahwa komputer Anda tetap kompatibel dengan semua perangkat lunak lain dan update hardware.
  • Jalankan alat Windows Update untuk menemukan update terbaru dan penting untuk sistem operasi Anda. Masalah keamanan Rentan sering dikoreksi oleh proses Windows Update, mencegah komputer Anda dari menjadi terinfeksi oleh virus dan malware.
Tips Mengatasi Komputer Yang Lambat | ngademin | 4.5